Katasulsel.com, Watampone — Program inseminasi buatan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan produksi peternakan terus digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memastikan program ini sampai ke masyarakat, terutama peternak di daerah.

Salah satu langkah dalam program ini dilakukan di Desa Ajjalireng, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, pada Rabu, 13 Maret 2024. Bahtiar Baharuddin, didampingi oleh petugas peternakan kecamatan, secara langsung menyuntikkan sperma sapi simental ke ternak warga.

Menurut Petugas Peternakan Kecamatan Tellu Siattiange, Sukman, terdapat sekitar 6.730 ternak sapi di kecamatan tersebut, yang diberikan pakan berupa limbah pertanian, seperti batang pisang dan rumput gajah.

“Warga yang mendapat bantuan merasa terbantu. Saya memiliki 10 ekor sapi, jenisnya beragam, dan saya sangat berterima kasih atas bantuan ini,” ujar Saenal, seorang pemilik ternak.

Bahtiar Baharuddin menjadikan peningkatan produksi peternakan sebagai salah satu program prioritasnya, termasuk melalui inseminasi buatan. Ia juga mendengarkan aspirasi dari peternak dan petugas peternakan, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita akan berikan ke masyarakat. Program inseminasi buatan ini akan kita jalankan dengan baik,” kata Bahtiar.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com