Katasulsel.com, Sidrap — Pemerintah Kabupaten Sidrap, melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), melakukan kunjungan ke STIA Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar Jl AP Pettarani Rabu 20 Maret 2024. 

Kegiatan kunjungan ini di Hadiri  Wakil Direktur STIA LAN Makassar, DR . Muttaqin, PJ sekda Sidrap Muh Yusuf DM, Kepala BKPSDM Sidrap , Herfan Mappajeppu, Kepala Dinas Perhubungan A.Bahari dan Kabid Mutasi Fadli serta Analis SDMA, Syahrul S.Thahir.

Disparitas pengelolaan sumber daya manusia aparatur di daerah pada dasarnya disebabkan oleh adanya perbedaan program peningkatan kapasitas aparatur pada masing-masing daerah, hal ini menyebabkan adanya kesenjangan kompetensi dan pengetahuan. Oleh karena itu kolaborasi antar pemerintah daerah dan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi menjadi salah satu kunci utama dalam mendorong kemajuan pembangunan di daerah.

Hal ini diungkapkan Direktur Politeknik STIA LAN Makassar, Prof Soleman Fatah dalam pertemuan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidrap di kantornya Jalan AP.Pettarani, Makassar 

“Garda terdepan pembangunan itu ada di daerah, di kabupaten dan kota. Kolaborasi antar daerah dan lembaga pendidikan ini sangat dibutuhkan terutama dalam menunjang pengembangan kapasitas aparatur. Jika aparatur daerah memiliki kompetensi maka pembangunan di suatu daerah juga pasti akan ikut maju” tuturnya.

Prof Soleman  juga menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu upaya mendorong proses pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, melalui inovasi sektor publik setiap pemerintah dapat meningkatkan kualitas serta mempermudah pelayanan terhadap masyarakat secara cepat dan efisien.

“Beberapa tahun yang lalu pengembangan kompetensi di kalangan birokrasi merupakan hal yang asing, namun seiring dengan waktu, pemerintah terus mendorong inovasi-inovasi sektor publik, kini setiap daerah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi di daerahnya melalui kekhasan dan kearifan lokal, yang mana hanya dapat diwujudkan dengan ketersediaan SDM aparatur yang berdayasaing dan berkompetensi diatas rata-rata” tambahnya.

“Dukungan dan kolaborasi seluruh elemen baik pemerintah daerah dan lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan perubahan ini membuat sebuah gerakan inovasi secara masif dan terstruktur”, tutupnya.

Sementara itu, PJ Sekda Sidrap , Muh.Yusuf DM yang menginisiasi pertemuan itu mengungkapkan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas ASN agar semakin cakap menghadapi tuntutan jaman dan dapat melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja daerah yang berfokus pada peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas kualitas pelayanan serta berorientasi pada kepentingan umum.

“Pertemuan penjajakan kerjasama yang dilakukan oleh Pemda Sidrap ini dapat memberikan optimisme kami dalam rangka mewujudkan kompetensi ASN dalam mewujudkan pelayanan publik yang cepat, efektif, dan efisien” ungkapnya.

Kerjasama ini menjadi sebuah momentum strategis untuk bergerak lebih cepat lagi dengan dukungan dari STIA LAN dalam melakukan berbagai pendampingan sehingga dapat menciptakan peluang untuk belajar terkait inovasi dalam rangka penguatan kapasitas pemerintah daerah.

“Harapannya melalui rencana kerjasama ini, dapat memberikan spirit baru dalam penataan birokrasi di pemerintah daerah untuk mendorong totalitas pemenuhan kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat,” harapnya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com