Bupati Sidrap Hadiri Gelar Teknologi dan Panen Raya Lolittungro Lanrang

  • Bagikan

SIDRAP — Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menghadiri Gelar Teknologi Pengendalian Terpadu Bio-Intensif Penyakit Tungro, dan panen raya benih unggul padi tahan tungro Inpari 36 Lanrang, Senin (27/9/2021).

Acara berlangsung di Lokasi Penelitian Penyakit Tungro Jalan Bulo, Langrang, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap.

Dollah Mando didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Priatna Sasmita, dan Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungeo (Lolittungro) Langrang, Sumarni Panikkai.

Kepala Lolittungro Langrang, Sumarni Panikkai, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyebarluaskan informasi teknologi pengendalian penyakit tungro dan penerapan model yang ramah lingkungan konservasi musuh alami (andromeda).

“Kegiatan dilaksanakan sejak 24 September lalu, dihadiri beberapa kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Pinrang, Wajo, Bone dan Soppeng, serta penyuluhan dan beberapa kelompok tani,” jelasnya.

Bupati Sidrap H Dollah Mando menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap informasi gelar teknologi itu dapat menyebar luas dan dipahami dengan baik oleh masyarakat.

“Diingatkan pula, dalam pengendalian penyakit tungro, harus memperhatikan varietas padi yang ditanam serta jadwal tanamnya,” imbuhnya.

Di kesempatan itu tidak lupa Dollah kepada hadirin agar tetap menerapkan protokol kesehatan. “Mari bersama disiplin protokol kesehatan sukseskan vaksinasi covid-19 ini,” tutup Dollah.

Sementara Kapus Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Priatna Sasmita mengutarakan, pihaknya memiliki tugas dan fungsi menyiapkan inovasi teknologi pertanian.

“Salah satunya dalam penyediaan benih padi atau varietas unggul baru,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu unsur muspika Panca Rijang, perwakilan petani, dan undangan lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *