Katasulsel.com, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai tertutup terkait kegagalan kontraktor dalam menyelesaikan proyek pembangunan jalan Sidrap-Soppeng.

Akibatnya, masyarakat tidak memiliki informasi apa-apa, mengapa tiba-tiba proyek jalan prosos Soppeng-Sidrap di Kabupaten Sidrap itu mengalami keterlambatan dan belum selesai hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Penggiat Pembangunan Infrastruktur, Adhi Suhardi S mengatakan, Pemprov Sulsel seharusnya memberikan informasi yang jelas, terbuka dan cepat terkait masalah yang terjadi kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat di Kabupaten Sidrap yang terdampak langsung dengan kerusakan jalan tersebut.

Sebagai informasi, proyek pembangunan jalan Sidrap-Soppeng itu, sudah berapa kali dianggarkan dan dikerjakan. Terakhir dikerjakan lagi oleh kontraktor pada 2022 kemudian rencana dilanjutkan lagi di 2023 ini, namun hingga saat ini proyek tersebut masih belum dimulai dan rampung diperbaiki.

“Saya pikir memang ini sudah mesti menjadi atensi khusus Pemprov Sulsel, apalagi Pemprov Sulsel telah mengeluarkan sejumlah dana besar untuk proyek ini, sehingga diharapkan agar proyek tersebut dapat segera diselesaikan dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi semua pihak terkait,” ujar Adhi, Senin, 8 Mei 2023

Lebih jauh Adhi berharap agar Pemprov Sulsel melakukan evaluasi terhadap kontraktor baru yang memenangkan tender peralihan dari proyek tersebut, sehingga dapat memastikan bahwa kontraktor yang dipekerjakan pada proyek selanjutnya memiliki kemampuan yang memadai dan terpercaya.

“Saya yakin masyarakat di Sidrap sana kembali ingin kejelasan kapan proyek pembangunan jalan Sidrap-Soppeng itu bisa diselesaikan. Memang kasihan loh. Saya dengar kerusakan jalan provinsi yang ada di daerah yang dipimpin bupati Dollah Mando itu sudah berlangsung kurang dari 4 tahun,” akunya

Sebaliknya, Adhi juga meminta masyarakat di wilayah terdampak agar tetap bersabar dan mempercayakan proses penyelesaian proyek ini kepada pihak yang berwenang, sambil terus memantau perkembangan terkini terkait proyek pembangunan jalan Sidrap-Soppeng ini.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com