Katasulsel.com, Bulukumba – Tim verifikasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melakukan kunjungan ke kawasan hutan mangrove Luppung di Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba. Kawasan ini menjadi salah satu Lokasi Khusus (Lokus) program Kampung Iklim KLHK di Kabupaten Bulukumba.

PROKLIM adalah sebuah program yang mengapresiasi kegiatan masyarakat dalam melakukan adaptasi dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di tingkat lokal. Program ini dilaksanakan oleh DitJen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kunjungan Tim Verifikasi kali ini didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba untuk melakukan verifikasi langsung proklim di Dusun Luppung. Acara ini dihadiri oleh Plt. Camat Ujung Loe, Kepala Desa Manyampa, perangkat desa, anggota BPD Desa Manyampa, kepala Puskesmas Manyampa, tokoh masyarakat dusun Luppung, dan Mahasiswa KKN Tematik UNHAS Makassar yang berada di Desa Manyampa.

Abbas Madda, Kepala Desa Manyampa, berharap bahwa lokasi khusus kawasan Hutan Mangrove Luppung pada Program Kampung Iklim tahun ini bisa memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai motivasi bagi warga Desa Manyampa, khususnya warga Dusun Luppung yang merasakan dampak langsung pertumbuhan mangrove di pesisir.

“Dengan harapan kami bisa meraih predikat dalam Program Kampung Iklim tahun ini, masyarakat Manyampa semakin termotivasi untuk merawat dan melestarikan kawasan hutan mangrove Luppung,” ungkap Abbas Madda.

Dalam Road Map Program Kampung Iklim (ProKlim), dijelaskan bahwa Program Kampung Iklim merupakan program nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam memperkuat kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Program ini juga memberikan pengakuan atas upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi di masing-masing wilayah.

Wartawan media ini telah berupaya mengonfirmasi Ardi, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba yang hadir dalam acara tersebut melalui aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan tanggapannya terkait kunjungan Tim Verifikasi KLHK RI. Namun, hingga berita ini terbit, Ardi belum memberikan keterangan apa pun.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com