Katasulsel.com – Bupati Sidrap, H. Dollah Mando memimpin peletakan batu pertama (groundbreaking) Pusat Pariwisata Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Senin (25/9/2023).

Pusat pariwisata ini terletak di Desa Lainungan Kecamatan Watang Pulu, berlatarkan pegunungan dan kincir PLTB. Jaraknya sekitar 500 meter dari kantor PLTB dan 5,8 km dari jalan poros provinsi.

Groundbreaking ini ditandai pula penandatanganan prasasti oleh Bupati Sidrap Dollah Mando di kantor PLTB Sidrap.

Acara dihadiri Presiden Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi Tahap Dua, Niko Priyambada, dan Manager Operasional PT UPC Sidrap Bayu Energi, Pribadhi Satriawan.

Tampak pula, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantono, Ketua PN Sidrap, Jumadi Apri Ahmad, Wakapolres Sidrap, Kompol M. Akib, Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Sidrap, Abdurrahim, para kepala OPD, Camat Watang Pulu, dan undangan lainnya.

Pusat pariwisata PLTB merupakan bagian komitmen PT UPC dengan Pemkab Sidrap, yang diintegrasikan dengan pengembangan pariwisata Kabupaten Sidrap dan Provinsi Sulsel.

“Ini upaya kita menciptakan destinasi wisata potensial dan mengangkat sektor pariwisata di Kabupaten Sidrap dan Sulsel pada umumnya,”lontar Dollah.

Ia menambahkan, integrasi pembangkit listrik dengan pusat pariwisata dapat menarik pengunjung dan memberikan edukasi serta pengalaman wisata yang menarik.

“Selain mendorong pariwisata, juga bisa memberi manfaat bagi masyarakat setempat, menciptakan peluang kerja, dan meningkatkan ekonomi lokal,” sambung Dollah.

Diketahui, pusat pariwisata yang memasuki fase III ini, akan dibangun sejumlah fasilitas, seperti panggung, bingkai dan spot selfie, 5 buah stall atau kios, toilet, tenda layer dan meja baling-naling, instalasi air bersih, serta area parkir.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com