Katasulsel.com, Bulukumba — Rapat Kerja Tahunan Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap (ITKES Muh. Sidrap) yang berlangsung pada 27-28 September 2023 di Hotel Dafandra, Tanjung Bira Bulukumba, berfokus pada tema Penguatan Catur Dharma dan peningkatan kualitas institut.

Rapat ini dipimpin oleh Ketua Pengarah Raker, Dr. Ishak Kenre, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya, Rektor Dr. Muhammad Tahir, SKM, M.Kes memperkuat program dan kegiatan untuk tahun 2023/2024, sejalan dengan tujuan dan sasaran rencana lima tahunan yang tertuang dalam Rencana Induk Pembangunan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) ITKES Muh. Sidrap.

Rapat ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Bd. Asmah Sukarta, S.ST, M.Kes, dan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ust. H. Abd Rachman L, Ketua BPH. Tausiyah ini menekankan pentingnya usaha ikhtiar kepada Allah SWT dengan penuh kesungguhan dan ketaatan yang menghasilkan kinerja positif, demi mewujudkan ITKES yang maju, unggul, dan berprestasi.

Tujuh poin penting menjadi dasar pembahasan dan penguatan dalam rapat ini, antara lain:

1. Peningkatan dan pengembangan SDM Dosen dan tenaga pendidik (tendik).

2. Peningkatan sarana dan prasarana, termasuk pendirian rumah sakit ITKES Muhammadiyah Sidrap.

3. Peningkatan jumlah dan layanan mahasiswa.

4. Peningkatan Akreditasi Institut dan program studi.

5. Penambahan Program Studi dan Fakultas.

Rektor dalam Rapat Kerja tersebut mengurai kelima poin penting tersebut. Antara lain;

Tentang, peningkatan dan pengembangan SDM Dosen dan tenaga pendidik (tendik): Ini berarti bahwa institut berencana untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen dan staf pendidikan melalui pelatihan, workshop, dan program pengembangan lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung pendidikan berkualitas tinggi.

Mengenai, peningkatan sarana dan prasarana, termasuk pendirian rumah sakit ITKES Muhammadiyah Sidrap: Ini menunjukkan niat institut untuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur yang tersedia untuk mahasiswa dan staf, termasuk pembangunan rumah sakit baru. Rumah sakit ini tidak hanya akan berfungsi sebagai pusat perawatan kesehatan, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan penelitian.

Sambung rektor lagi, tentang peningkatan jumlah dan layanan mahasiswa: Institut berencana untuk menambah jumlah mahasiswa dan juga meningkatkan layanan yang ditawarkan kepada mereka. Ini bisa berarti peningkatan dalam bantuan keuangan, dukungan akademik, atau fasilitas kampus.

Sedangkan poin Peningkatan Akreditasi Institut dan program studi: Ini berarti institut berencana untuk bekerja menuju peningkatan status akreditasi, yang akan menunjukkan kualitas pendidikan yang ditawarkan. Ini bisa melibatkan peningkatan kurikulum, penelitian, atau dukungan mahasiswa.

Terakhir, kata Rektor, mengenai Penambahan Program Studi dan Fakultas: Institut berencana untuk memperluas penawaran pendidikan dengan menambahkan program studi dan fakultas baru. Ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada mahasiswa dan memperluas cakupan pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka pelajari di institut.

Dengan penguatan ini, diharapkan ITKES Muh. Sidrap dapat terus maju dan berprestasi di masa mendatang. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com