Katasulsel com, Parepare — Lapas Kelas IIA Parepare menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95 dengan tema “PEREMPUAN BERDAYA, INDONESIA MAJU”. Upacara ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Dalam upacara tersebut, Inspektur upacara diwakili oleh Hj. Ramlah, SH, MH dari Lapas IIA Parepare. Sedangkan perwira upacara dijabat oleh Wildaria Amir, S.Kep dan komandan upacara oleh Sarini Aksa, S.Kep. Seluruh petugas upacara dan pembaca adalah personel Lapas IIA Parepare.

Peserta upacara meliputi pejabat struktural, pejabat fungsional, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare, dan warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare.

Dalam amanatnya, Inspektur upacara membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Dalam sambutannya, tema “PEREMPUAN BERDAYA, INDONESIA MAJU” dipilih untuk mencerminkan tantangan yang masih dihadapi oleh perempuan terkait kekerasan, kesenjangan ekonomi, dan keterwakilan dalam pengambilan keputusan.

Hj. Ramlah, SH, MH juga mengingatkan bahwa peringatan Hari Ibu bukan hanya sebagai penghargaan terhadap jasa besar ibu, tetapi juga sebagai apresiasi terhadap peran dan kontribusi perempuan Indonesia dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Ia mendorong sinergitas dan kolaborasi untuk memberdayakan perempuan di berbagai bidang sebagai agen perubahan dalam pembangunan dan kesejahteraan nasional.

Seluruh rangkaian kegiatan upacara berjalan dengan lancar, aman, dan tertib, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lapas Parepare siap mendukung visi Kementerian Hukum dan HAM yang semakin berkualitas, menuju Indonesia Maju, berdasarkan nilai-nilai Pancasila.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com