Katasulsel.com, Sidrap – Masyarakat ibukota Sidrap telah menunjukkan preferensi mereka terhadap tokoh yang diharapkan akan memimpin Sidrap ke depan, meskipun Pilkada Sidrap masih 8 bulan lagi. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh LAPAGALA INSTITUTE, hasil survei menunjukkan tokoh-tokoh yang paling disukai oleh masyarakat Pangkajene.

Menurut Direktur LAPAGALA Institute, Dr. Zulkarnain Basir, survei ini menggunakan metode sampling menggunakan metode Multi stage sampling dengan teknik accidential, dengan margin of error 9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam hasil survei tersebut, tokoh yang dikenal dengan inisial SAR mendapatkan dukungan sebesar 20%, sementara Mahmud Yusuf dan Hj. Fatma masing-masing mendapatkan dukungan sebesar 13,33%. Tokoh-tokoh lainnya seperti Dollah Mando, H. Mashur, H. Pilli, dan A. Sutomo juga mendapatkan dukungan yang signifikan.

Survei ini juga mengungkapkan peta pertarungan tokoh bakal calon Bupati Sidrap di tiap Daerah Pemilihan (Dapil). Di Dapil 1 (Maritengngae – Watang Sidereng), terdapat pertarungan antara SAR, Mahmud Yusuf, dan H. Dollah Mando. Di Dapil 2 (Panca Lautang – Tellu Limpoe – Watangpulu), pertarungan terjadi antara SAR dan H. Mashur. Sementara itu, di Dapil 3 (Baranti – Pancarijang – Kulo), pertarungan melibatkan H. Mashur, H. Dollah Mando, dan H. Pilli. Dan di Dapil 4 (Dua Pitue – Pitu Riawa – Pitu Riase), pertarungan terjadi antara SAR dan H. Dollah Mando.

Selain itu, survei juga menunjukkan tokoh-tokoh yang mendapatkan tempat di hati para Aparatur Sipil Negara (ASN)/Honorer/Pemerintahan. SAR mendapatkan dukungan terbesar sebesar 25,81%, diikuti oleh H. Dollah Mando, Hj. Fatma Rusdi, H. Mashur, H. Pilli, dan Mahmud Yusuf.

Survei ini juga mengungkapkan tokoh-tokoh yang mendapatkan tempat di hati kalangan Gen Z (usia 17-35 tahun) dengan jumlah responden sebesar 32%. SAR mendapatkan dukungan terbesar sebesar 34,2%, diikuti oleh Hj. Fatma Rusdi, H. Mashur, H. Dollah Mando, Mahmud Yusuf, H. Pilli, dan A. Sutomo.

Hasil survei ini memberikan gambaran mengenai tokoh-tokoh yang paling disukai oleh masyarakat Pangkajene, ibukota Sidrap. Namun, perlu diingat bahwa hal ini belum menjadi keputusan final, dan masih banyak faktor lain yang akan mempengaruhi hasil Pilkada Sidrap yang akan datang.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com