KATASULSEL.COM, SIDRAP — Komandan Kodim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., dan Anggota Kodim 1420/Sidrap memperingati malam Nuzul Quran bersama masyarakat yang berlangsung di Masjid Agung Pangkajene Kelurahan Lakessi Kecamatan Marittengae Kabupaten Sidenreng Rappang, Rabu (27/03/24).

Malam Nuzulul Quran merupakan peristiwa dimana Kitab Suci Al-Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Gua Hira. Menurut Al-Quran, peristiwa ini terjadi pada 17 Ramadhan 610 M.

Malam ini disebut sebagai malam kemuliaan karena pada saat itu diturunkannya Al-Qur’an pertama kali ke bumi.

Pelaksanaannya diawali dengan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah kemudian dilanjutkan dengan acara memperingati malam Nuzul Quran.

Adapun Hikmah Nuzulul Qur’an yang dibawakan oleh Ustadz Mustafa Syaf S.Ag, S.Pd, M.Pd., “Semoga amalan puasa yg kita laksanakan selama bulan suci Ramadhan bernilai ibadah di hadapan Allah SWT, Alquran merupakan pedoman yang diturunkan oleh Allah SWT bagi  umat islam sebagai petunjuk agar senantiasa berbuat baik,” kata Ustadz.

“Sebagai umat islam maka kita harus memahami apa sebenarnya isi yang terkandung dalam alquran, bukan sekedar di baca saja, Jangan pernah salah memilih guru karena jika salah maka dampaknya sangat besar, banyak teroris di mana-mana bahkan ada yang rela sampai membunuh sahabat sendiri karena salah memahami alquran,” jelasnya.

“Jika ingin bercakap-cakap dengan Allah SWT maka perbanyaklah membaca alquran, Orang yang selalu meluangkan waktunya untuk membaca alquran maka dia termasuk orang yang nantinya akan di temani di alam basrah dan Kebanggaan kita sebagai umat islam yaitu memiliki kitab suci alquran,” tutupnya

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., beserta seluruh perwira dan anggota Kodim, PJ. Bupati Sidrap diwakili Pj. Sekda Sidrap Muhammad Yusuf DM, Wakapolres Sidrap Kompol Ahmad Rosma serta kaum Muslimin Muslimat Jamaah Masjid Agung Pangkajene. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com