KATASULSEL.COM, SIDRAP — Koramil 1420-05/Dua Pitue Kodim 1420/Sidrap melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda M. Lubis bersama dengan Kelompok Tani Tujuh Wali-Wali 3 melaksanakan perawatan tanaman singkong dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1420/Sidrap Desa Bila Riase Kec. Pitu Riase Kab. Sidrap, Jumat (29/03/2024)

Pendampingan kepada petani maupun kelompok tani sudah menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Seperti yang dilakukan oleh Serda M. Lubis Babinsa Desa Compong Koramil 1420-05/Dua Pitue dalam melaksanakan pendampingan diwilayah binaanya, selain melakukan pendampingan Babinsa juga membantu proses penanaman dan perawatan dengan harapan dapat memberi motivasi kepada para petani agar lebih giat lagi sehingga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Diketahui ubi kayu atau singkong merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat selain jagung dan padi. Budidaya tanaman ubi kayu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat.

Serda M. Lubis menyampaikan juga bahwa untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan dengan waktu yang tepat.

Selain itu petani juga harus memperhatikan masa pemeliharaan dengan menggemburkan tanah dan penyemprotan rumput dengan tidak terlambat sehingga pertumbuhan tanaman tidak terhambat,” ujarnya

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com