Katasulsel.com – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara Peresmian Jembatan Andalan S.Pacongkang oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Bertempat di Jembatan Pacongkang Desa Barang Kecamatan Liliriaja, Kab Soppeng. Rabu, 23 Agustus 2023.

Laporan Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Selatan, Astina Abbas. Jembatan Pacongkang keseluruhan adalah total bentangnya adalah 177 m dari tiga Bentang, Bentang pertama itu panjangnya 25 meter, bentang kedua 128 meter dan bentang ketiga 24 meter. Pelaksanaan pembangunan jembatan ini selama 3 tahun anggaran mulai tahun 2020. Alhamdulillah hari ini sudah selesai.

Alhamdulillah selanjutnya kita akan melakukan penyempurnaan. Jembatan ini dianggap khusus karena bentang pelengkung di atas 60 meter kemudian kita lengkapi dengan alat LRB untuk meredam gempa.

Setelah diresmikan nanti, penggunaan jembatan ini belum bisa difungsikan karena kami masih menunggu dari uji lab fungsi dari komite keselamatan jembatan karena bentangnya diatas 100 jadi harus ada lab fungsi.

Sambutan Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE. Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Soppeng mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur atas perhatian kepada masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Soppeng. Dalam kurun waktu 1 periode ini kami merasakan perhatian Bapak Gubernur.

Dalam proses pengerjaan pembangunan jembatan pacongkang ini banyak hal yang dialami, dimana ada perlakuan-perlakuan khusus yang harus dilakukan, artinya memang betul-betul ini jembatan andalan. Kalau masyarakat yang hadir disini sepakat memberikan apresiasi memberikan nama jembatan ini jembatan Andalan.

Alhamdulillah dengan kontribusi anggota DPR RI, anggota DPRD dan semua pihak yang merasa punya tanggung jawab akhirnya semua bisa terlaksana dengan baik. Maafkan kami apabila dalam proses pelaksanaan ada hal yang tidak berkenan maafkan kami, demi menyelesaikan jembatan Andalan ini.

Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada masyarakat yang dilewati proyek, rumah yang ditempati, Pak Camat, Pak Desa, Kontraktor penyelenggara.

Jembatan Andalan Pacongkang ini akan menjadi kebanggaan kami dan masyarakat Soppeng dan menjadi impian kita semua. Bukan lagi mimpi, tapi sudah terwujud dengan selesainya jembatan Andalan ini.

Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Kepala Desa yang ada di sekitar wilayah ini, terima kasih kepada anggota DPR RI, anggota DPRD, dan paling utama kepada Bupati Soppeng dan para Anggota Forkopimda atas kerjasamanya sehingga jembatan ini dapat selesai dan diresmikan.

Pembangunan jembatan ini sangat-sangat spektakuler. Ini adalah jembatan pelengkung terpanjang yang ada di Sulawesi Selatan. Kemudian yang perlu saya sampaikan jembatan ini luar biasa karena saya masih Wakil Gubernur dulu saya minta anggaran sedikit untuk digeser ke arah jembatan ini, karena saya pernah lewat jembatan yang sebelah itu sudah tidak layak lagi untuk dilewati kendaraan.

Kalau pak Bupati mau menamai jembatan andalan saya tidak masalah, tapi saya minta ditambah Andalan Pacongkang. Jembatan tidak punya tiang dan penyanggah di tengah ini merupakan teknologi terbaru dalam desainnya yang melengkung. Salah satu yang terbesar anggaran jembatan anggaran provinsi sebesar 75 miliar.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com