KATASULSEL.COM, SIDRAP — Gotong royong menjadi budaya yang berakar kuat dalam kehidupan bermasyarakat. Apa yang dimaksud dengan gotong royong adalah wujud kerja sama untuk bisa mencapai tujuan bersama. Gotong royong membuat pekerjaan lebih efektif dilakukan serta bisa mempererat tali persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat khususnya.

Dengan hal tersebut, Anggota Koramil 1420-3/Maritengngae dipimpin Bati Tuud Serma Muh. Yunus bersama warga masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air di wilayah Kelurahan Sidenreng Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap, Selasa (23/01/2024).

Gotong-royong pembersihan saluran air tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengantisipasi banjir ketika hujan turun, serta untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Bati Tuud Koramil 1420-03/Maritengngae Serma Muh. Yunus mengatakan bahwa pembersihan saluran air perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta untuk mengantisipasi terjadinya banjir apabila hujan turun.

“Kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir apabila hujan turun dan sekaligus juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi antara anggota TNI dengan masyarakat, sehingga tercipta kekompakan dan kebersamaan bersama warga masyarakat, Gotong royong membersihkan saluran air ini merupakan salah satu Kemanunggalan TNI bersama rakyat yang harus kita jaga dan ditingkatkan” ungkap Serma Muh. Yunus.

Dalam kegiatan ini, Anggota Koramil 1420-3/Maritengngae bersama warga setempat berkolaborasi membersihkan saluran air, memastikan kelancaran aliran air dan membersihkan rumput liar di sekitar saluran. Dukungan dari kepala lingkungan, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, serta partisipasi seluruh warga menjadi elemen vital dalam keberhasilan kegiatan gotong-royong ini.

Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol. menekankan pentingnya semangat gotong royong dalam kegiatan ini. Inisiatif yang dilakukan oleh Seluruh anggota koramil 1420-03/Maritengngae bukan hanya sekadar membersihkan lingkungan, melainkan juga mempererat hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat.

Gotong royong ini bisa menjadi contoh dan mempelopori dalam mengatasi permasalahan di masyarakat karena salah satu tugas pokok aparat teritorial adalah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com