Katasulsel.com – Maraknya kebakaran lahan terjadi di sejumlah wilayah di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, beberapa pekan terakhir ini, Rabu (16/8/2023).

Berdasarkan data diperoleh dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Parepare, sepanjang bulan Januari hingga Agustus tahun 2023 ini, total peristiwa kebakaran yang terjadi di beberapa titik, itu sebanyak 113 kasus, dengan rincian masing-masing, kebakaran rumah sebanyak 23 kasus, alang-alang 69 kasus, sarana umum 19 kasus, kendaraan 1 kasus, dan kapal 1 kasus.

Peristiwa tersebut disikapi Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis. Dia telah menyampaikan ke segenap jajarannya melakukan proses penyelidikan soal penyebab kasus kebaran belakangan terakhir ini.

“Kita melihat dan memonitor beberapa minggu ini ada peristiwa kebakaran di wilayah Kota Parepare
Jadi kita tetap melakukan proses penyelidikan,” katanya, didampingi Wakapolres, Kompol Muttalib.

“Saya sampaikan kepada Kasat Intel, Kabag Ops, Kasat Reskrim bersama rekan-rekan para Kapolsek tetap melakukan proses penyelidikan soal penyebab kebakaran itu,” tegasnya.

Mantan Kabag Ops Polrestabes Medan menegaskan, jika terdapat unsur kesengajaan soal kebakaran yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kota Parepare, dia meminta pihaknya untuk melakukan tindakan tegas.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita untuk tidak melakukan pembayaran lahan,” imbau Arman.

“Jangan buang puntung rokok sembarang tempat dan sebelum meninggalkan rumah, pastikan kompor dalam keadaan mati,” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com